Rabu, 05 Mei 2010

Kewirausahaan

BUSINESS PLAN
Adalah suatu dokumen tertulis yang menggambarkan secara sistimatis suatu bisnis/usaha yang di usulkan
Kegunaan
- kegiatan penelitian(bisnis) yang akan di laksanakan/sedang berjalan tetap pada jalur yg di rencanakan
- pedoman untuk mempertajam rwencana-rencana yang diharapkan
- alat untuk mencari dana dari pihak ketiga(investor, lembaga keuangan)

elemen2 perencanaan bisnis
- surat pembuka
- judul
- daftar isi
- ringkasan eksekutif
- pernyataan identifikasi bisnis
- daftar jajaran manajemen beserta anggotanya
- analisa pasar
- deskripsi mengenai produk atau jasa
- strategi pemasaran
- gambaran mengenai persaingan
- proyeksi keuangan
- lampiran termasuk rangkuman maupun indeks


Hakikat bisnis plan
Road map yang akan di ikuti oleh pengusaha untuk menjawab
- where I am now
- where I am going
- where I will get there

business plan pada dasarnya….the bridge of idea and reality

tujuan business plan
- men”declare” tentang pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha baru tsb.
- Mengatur dan membentuk kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.
- Mengundang bergabungnya orang2 tertentu yg mempunyai keahlian u/ bekerja sama
- Menjadikan merger dan akuisisi lebih dapat di realisasikan.
- Adanya focus tujuan bagi personal perusahaan

Alas an bisnis plan
- sebagai “blueprint” yang akan diikuti dalam operasional bisnis
- instrument dalam penggalian dana
- alat komunikasi dalam menarik pihak lain dalam mencapai tujuan mis. Pemasok, investor, konsumen.
- Membekali diri sebagai manajer dalam me”manage”
- Memudahkan pengawasan dalam pelkaksanaan operasionalnya.

Strategi pemasaran
- Mengetahui secara jelas target pasar
- Mendeskripsikan secara jelas jalur pendistribusian produk atau jasa
- Penjelasan strategi untuk menaikkan penjualan
- Menjelaskan strategi harga dari produk atau jasa
- Mendeskripsikan bagaimana cara mempromosikan barang atau jasa
- Menemukan keuntungan/kelebihan dari strategi pelayanan dari produk terhadap strategi yang di lakukan oleh pesaing.

Segmentasi
Proses membagi pasar ke dalam segmen** dari pelanggan** potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembelian.
Keuntungan dari segmentasi pasar
- mendisain produk2 yg lebih responsive terhadap kebutuhan pasar
- menganalisis pasar
- menemukan peluang.
- Menguasai posisi yang superior dan kompetitif.
- Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien.
- ]

Analisis pesaing
Dalam menganalisis pesaing hal yang harus di ketahui oleh perusahaan adalah sbb:
- identifikasi pesaing utama
- strategi pesaing utama
- tujuan pesaing
- kekuatan dan kelemahan pesaing

marketing mix
yaitu perangkat alat pemasaranyang di gunakan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaannya
alat2 perusahaan ini di klasifikasikan menjadi 4kelompok yaitu:
- product (produk)
- price (harga)
- promotion (promosi)
- place (tempat)
perusahaan yang memenangkan pasar nantinya adlah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara ekonomis dan nyaman dengan komunikasi yang efektif.

System produksi
Manajemen produksi dan operasi merupakan manajemen dari suatu system transformasi yang mengkonversikan masukan menjadi keluaran yang berupa barang atau jasa
Ruang lingkup:
- metode perencanaan produksi
- pelaksanaan produksi
- pengendalian produksi

jenis produksi
1. proses produksi terus menerus
2. proses produksi terputus-putus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar